Phuket Island

Menjelajahi dan mengunjungi suatu tempat wisata yang belum pernah dikunjungi sebelum nya ada sesuatu yang menarik dan mengasikan.. menjadi tantangan tersendiri untuk mempelajari kebudayaan negara lain dan menikmati keindahan pariwisatanya.

Salah satu wisata yang pernah saya kunjungi pada tahun 2010 adalah Pulau Phuket yang terletak di wilayah selatan Negara Thailand dan merupakan  primadona pariwisata di Thailand.
Meskipun Phuket merupakan pulau kecil namun keindahan yang ditawarkan sangat memukau dan surga bangeeet..
awal nya saya tertarik dengan phuket karena sering nya melihat foto2 pulau2 indah yang ada di dunia melalui internet dan juga film The Beach yang shutting di salah satu lokasi Pulau Phuket, dan tak ketinggalan ajakan dan hasutan dari teman2 kantor untuk berlibur hehehe...

Untuk mencapai Pulau Phuket, dapat ditempuh dengan mengunakan pesawat terbang dari bandara Soekarno Hatta langsung menuju Bandara Internasional Phuket tanpa harus transit.dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam penerbangan dan tidak ada perbedaan waktu antara phuket dengan Jakarta.

Sore hari menjelang malam kami tiba di Bandara Internasional Phuket, dan mulai mencari informasi untuk transportasi mencapai hotel yang sudah kami pesan,  karena kendala bahasa kami pun cukup kesuliatan untuk berkomunikasi dengan masyarakat yang ada, perlu sedikit berhati2 lho dengan calo2 yang menawarkan jasa antar jemput dan calo wisata lain nya. hingga akhirnya kami mengumpulkan brosur2 serta peta wisata phuket yang berdapat di bandara dan akhirnya kami tertuju pada sebuah counter paket wisata yang menawarkan one day tour berwisata ke pulau Phi2 dengan menggunakan kapal cepat yang cukup nyaman dengan biaya sekitar 1,200 bath atau kurang lebih 400rban. dan termasuk dengan antar jemput ke hotel tujuan kami.... yeaaaah...

Kami menginap di Seeka Boutique Resort berlokasi di Nanai Road, Patong Beach.. walaupun tidak terletak di pinggir pantai Patong, namun hotel ini cukup nyaman dengan kamar yang luas dan memiliki balkon serta tersedia jasa shuttle bus khusus penghuni hotel untuk menuju Patong Beach.

Patong Beach hampir mirip dengan Pantai Kuta bali, berpasir putih, ombak yang tenang dan dihiasi dengan kursi santai lengkap dengan payung nya yang berwarna warni, patut saja pantai ini merupakan tempat favorit para turis untuk berjemur dan bersantai.

jangan lupa juga mencoba mencicipi cemilan2 yang ditawarkan di sekitar bibir pantai yah... mulai dari kelapa muda thailand, rujak, macam2 gorengan hingga ayam bakar keliling yang super suder wuangi hahaha...

Keesokan pagi hari nya, mobil tour pun menjemput kami di hotel untuk bersiap berangkat ke Rasada Harbour  dan bertemu dengan tour guide kami. kapal yang kami tumpangi cukup besar dengan fasilitas full ac dan tersedia makan siang serta sore dengan coffee break.
namun tetap saja kami memilih untuk naik ke atas kapal untuk menikmati suasana terbuka hembusan angin dan hamparan luas lautan.

perjalanan  kurang lebih 40 menit untuk sampai dipersinggahan pulau yang pertama yaitu Pulau Khai / Koh Khai. dan kami pun harus pindah ke kapal nelayan yang lebih kecil untuk menuju pulau Khai, pelampung dan alat snorkeling mulai dibagian oleh tour giude kami sesaat tiba di pulau Khai.

Dari kejauhan kami dapat melihat pulau Khai memiliki pasir putih yang bersih dan dihiasi payung2 kursi pantai yang berwarna pelangi. terdapat tebing-tebing batu juga yang mengelilingi pulau kecil ini. aktivitas yang kami lakukan di pulau ini adalah snorkeling. dan dipulau ini terkenal dengan banyak nya ikan2 kecil yang cantik datang untuk mengerembungi para wisatawan yang snorkeling disitu.
air nya yang jernih membuat ikan2 tsb jelas terlihat walaupun tak harus snorkeling ke air yang lebih dalam. apalagi kalau ditaburkan roti disekitar kita.. dijamin ikan-ikan tersebut berebutan untuk makan.

1 jam menikmati pulau Khai, kami pun beranjak ke pulau selanjutnya yang tak jauh dari pulau Khai yaitu Pulau Maya/ Maya Bay.

Yaaah ini adalah pulau terindah yang pernah saya kunjungi, sepanjang perjalanan mata kita akan dibuat kagum oleh tebing2 batu raksasa yang berjejer indah dengan air laut yang hijau bening hingga ke dasar. tak salah apabila pulau ini dijadikan lokasi shouting The Beach. Pulau maya sendiri memang tidak terlalu besar namun keindahan yang diberikan sangat memukau, rugi rasanya apabila tidak diabadikan dengan berfoto2 dan menikmati berenang di tepi pulau ini. Kereeennn...

Pulau Phi2 adalah tujuan terakhir kami, pulau phi2 memang lebih yang paling besar dari pulau2 lain nya. dan terdapat sebuah dermaga saat mendarat di pulau ini.

Phi2 cukup ramai dan disini kita bisa menjumpai banyak kios2 yang menawarkan bermacam2 oleh2 khas mulai dari kaos, pakaian, pernak pernik hiasan hingga jajanan kecil. dan untuk menuju ke pantai kita memang harus melawai kios2 oleh2 tersebut di sepanjang perjalanan. hati2 untuk tergoda membeli nih heheehhe...

Pantai Phi2 cukup indah, air laut yang tenang dikelilingin tebing2 tinggi yang menawan dan banyak terdapat perahu Tri Yak untuk disewakan.
cukup nyaman untuk beristirahat di pulau ini, kafe2 dan restoran berjajar di sepanjang pinggir pantai dan dikelilingi oleh pohon kelapa sehingga membuat suasana sangat teduh dan santai.

Hari terakhir di Pulau Phuket kami habiskan dengan berjalan2 di sekitar pantai Patong, berbelanja oleh2, berkunjung ke Hard Rock Cafe Patong, hingga ke Mall yang terkenal di Patong yaitu Jung Ceylon.

oleh2 di pulau phuket ini termasuk murah2 hampir sama dengan bali, hanya saja tawar menawar wajib dilakukan apabila ingin berbelanja dengan harga yang lebih murah.
nikmati juga kendaraan umum khas Thailand yah.. yaitu Tuk2 yang mirip dengan Bajaj... asikkk pokoknya..

Sekian sedikit cerita pertualangan ke Pulau Phuket Thailand, sebenarnya banyak perjalanan yang sudah saya lupa hehehehe maklum sudah lama sekali sya tidak mengunjungi Phuket. smoga ada kesempatan di lain waktu untuk berkunjung ke Phuket karena masih banyak wisata yang belum saja kunjungi contohnya James Bond island, museum patung budha dan city Tour pulau phuket nya.. sooo sampe ketemu dicerita liburan lain nya.. byeeee....