Belitung Island

Sebenarnya sudah lama sekali saya ingin menulis tentang Belitung, namun bingung harus memulai dari mana, dan terlalu banyak cerita yang terlintas untuk ditulis.
Saya di lahirkan di Belitung, bersekolah, dan tumbuh dalam lingkungan masyarakat Belitung, hingga umur 18 tahun akhirnya pindah ke Jakarta untuk melanjutkan study. 
Penuh suka maupun duka dari kisah masa kecil, teman2 sekolah, budaya2 Belitung dan keindahan alam yang masih asri dan belum tercemar.



Mungkin saat ini saya akan lebih membahas akan keindahan Pulau Belitung yang sekarang lebih dikenal dengan Pulau Laskar Pelangi. dan ini beberapa informasi yang bisa saya berikan untuk teman2 yang ingin berkunjung ke pulau Belitung. 

Berdasarkan Wikipedia, Belitung atau Belitong sebenarnya berasal dari nama sejenis siput laut yang sekarang sudah menjadi destinasi wisatawan asing, keindahan pantai berpasir putih yang dipagari oleh batu-batu granit dengan air laut yang super duper jernih hingga ke dasar merupakan salah satu daya tarik pulau Belitung, dan apabila ingin merasakan pertualangan yang lebih seru, kita bisa mengunjungi pulau2 cantik dengan menggunakan kapal nelayan..



Ok mari kita mulai perjalanan untuk bisa tiba di Belitung, bagi temen2 yang berangkat dari Jakarta / Soekarno Hatta, saat ini sudah tersedia berbagai maskapai penerbangan yang melayani jurusan Tanjung Pandan Belitung, temen2 bisa memilih Garuda Indonesia, Citilink maupun Sriwijaya air. Penerbangan dari Soekarno Hatta menuju Bandara udara H.A.S Hanandjoeddin memakan waktu hanya kurang lebih 45 Menit. 

Tanjung Pandan Merupakan Ibu kota dari kabupaten Belitung, dikota Tanjung Pandan ini kita bisa menemukan berbagai rumah makan yang menyediakan makanan khas Belitung salah satunya yang patut di coba adalah Bakmi Belitung. apabila teman2 tiba pada pagi hari di Belitung, teman2 juga bisa menyewa kendaraan untuk langsung menuju Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi berjarak kurang lebih 31 KM dari kota Tanjung Pandan, dalam perjalanan menuju Tanjung Tinggi kita akan melihat keindahan alam, langit biru, awan yang putih cerah, serta pohon - pohon kelapa yang menghiasi sepanjang perjalanan .


Tanjung tinggi juga merupakan salah satu pantai favorit saya, rasanya surga banget menginjakan kaki di pasir putih nan halus, belum lagi batu2 granit raksasa yang menjulang tinggi sepanjang garis pantai.. amazing deh pokok nya... 
Pada bulan-bulan tertentu ombak di pantai ini sangat tenang dan air nya pun super jernih.. pas banget buat temen2 yang suka snorkeling dan berenang.
Apabila puas bermain dan menikmati keindahan Pantai Tanjung Tinggi, jangan ketinggalan untuk mencoba rumah makan yang ada disekitar pantai yah... dan silahkan memesan ikan Ilek Bakar, Ganggan ikan nanas, kepiting tentunya dan berbagai jenis makanan lain nya... dijamin nagiih deh... wuiiih sambil ngetik blog ini kebayang deh itu makanan.... nyam nyam.....




Untuk penginapan, temen2 juga ga perlu bingung,... karena di Pulau Belitung ini sudah banyak bgt Hotel2 yang berdiri mulai dari hotel berbintang, hingga ke villa atau cottage pinggir pantai pun ada. tergantung budget yang temen2 sediakan yah... 

Pantai selanjutnya yang patut di kunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang, tak jauh berbeda dengan pantai Tanjung Tinggi, di pantai ini banyak dihiasi oleh villa2 dan resort  yang unik menghadap ke arah pantai. dari kejauhan pantai kita pun bisa melihat sebuah batu granit raksasa muncul dari permukaan laut yang menyerupai kepala burung atau di kenal dengan Batu Burung Garuda.


Nah bagi temen2 yang ingin berpetualang ke Pulau2 kecil disekitar Tanjung kelayang, disini tersedia perahu2 nelayan yang khusus di sewa untuk mengelilingi pulau2 indah tsb.. harga sewa kapal biasanya tergantung musiman yah... berkisar 350rb - 600rb perkapal, dan bisa muat untuk max 12 orang. 

Berikut ini adalah pulau2 kecil nan indah  yang bisa kita temukan saat berlayar dengan kapal nelayan:

1. Pulau Pasir 

Pulau pasir ini akan timbul ke permukaan apabila air laut sedang surut,  di pulau pasir ini kita bisa menjumpai bintang laut yang unik dan silahkan berfoto selfie dengan penghuni asli pulau ini hingga puas yah... dan tak perlu takut karena bintang laut dipulau ini tidak berbahaya dan beracun kok tapi harus tetap di jaga dan dilestarikan yah...



2. Pulau Lengkuas

Pulau ini terkenal dengan Mercusuar tua yang merupakan primadona Belitung, Mercusuar ini dibangun saat pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1882 dan masih berfungsi baik hingga sekarang lho.., 
bagi temen2 yang kuat silahkan menaiki tangga mercusuar hingga ke puncak nya yaaah... pemandangan indah dan tak terlupakan sudah menanti di puncak mercusuar....



3. Pulau Kepayang 

Di pulau ini temen2 bisa menjumpai tempat istirahat dan sebuah rumah makan yang terbuat dari kayu, dan apabila berjalan lebih jauh lagi kita bisa menemukan rumah penangkaran penyu, penyewaan kano, fasilitas penginapan juga adalah lhoo... suasana yang tenang, angin sepoi2 bikin hati ikut tenang deh... back to nature....




4. Pulau Batu Berlayar

Pulau ini termasuk sangat kecil, namun menyimpan keindahan yang luar biasa, dinamakan batu berlayar karna pulau ini terdapat deretan batu batu granit raksasa yang berdiri vertikal bagaikan layar. wajib berenang dan bermain air sepuas2 nya yah disini, dijamin terpukau melihat kejernihan dan ketenangan air laut nya.


Tak hanya di Tanjung Pandan, masih banyak lho wisata-wisata indah yang terdapat di Belitung, dan saat ini saya akan beralih sedikit menuju Belitung Timur yang lebih dikenal dengan negeri Laskar Pelangi. Memang harus diakui Belitung mulai dilihat dan dikenal oleh Dunia semenjak Film hasil karya tulisan Andrea Hirata disutradarai oleh Riri Riza sukses meraih berbagai penghargaan.
Mari kita melihat langsung beberapa replika dari bangunan sekolah yang digunakan sebagai lokasi shooting yang terletak di kecamatan Gantung.



Masih di Kecamatan Gantung, tak jauh dari replika Laskar Pelangi, kita bisa berkunjung ke sebuah jembatan bersejarah yang di bangun pada tahun 1928 pada masa penjajahan Belanda yaitu Jembatan Pice.



Beralih dari kecamatan Gantung, kita akan mengunjungi Kecamatan Damar yang masih termasuk dalam Kabupaten Belitung Timur. di Damar ini terdapat sebuah pantai yang cukup menjadi primadona dan ramai dikunjungi oleh warga untuk sekedar bersantai ataupun bermain di pantai
yaitu Pantai Burung Mandi.



Tak hanya pantai Burung Mandi, di Damar pun terdapat sebuah Vihara yang sangat indah terletak di sebuah bukit dan terdapat ratusan tangga untuk dapat mencapai puncak nya, yaitu Vihara Buddhayana atau yang dikenal dengan Vihara Dewi Kuan Im.



Dan tak lengkap rasanya tidak membahas dan menampilkan foto2 dari ibu kota Belitung timur dan yang adalah tempat kelahiran saya yaitu KOTA MANGGAR. saat ini kota manggar lebih dikenal dengan kota wisata SERIBU SATU WARUNG KOPI. walaupun tak begitu menyukai kopi tapi ga ada salah nya lho mencoba mencicipi kopi khas belitung ini, dan menikmati suasana santai bercengkrama serta bertukar informasi dengan penduduk setempat yang ada di warung kopi.

Di Manggar juga terdapat banyak Pantai yang patut untuk dikunjungi salah satunya Pantai Olie Pier, untuk mencapai Pantai Olie Pier kita akan melewati sebuah perbukitan yang banyak sekali terdapat bangunan2 ataupun rumah2 peninggalan zaman Belanda yang masih terawat hingga kini... indah sekali.


Sebenarnya masih banyak sekali wisata-wisata indah yang ingin saya tampilkan namun belum mendapatkan foto2 terbaiknya hahahaha ( maklum uda lama ga pulang kampung ) ... sooo cukup sekian dulu yah untuk ulasan blog mengenai keindahan Pulau Belitung ini, akan di sambung lagi dengan cerita2 keindahan Indonesia lain nya... dan mari yuk bersama2 kita melestarikan dan mempromosikan wisata2 indah yang ada di Indonesia agak lebih dikenal lagi dimata dunia...
I LOVE INDONESIA


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment